ARTIKEL POPULER

Asikin : Meriahkan HUT RI &  Provinsi, DKP Maluku Gelar Beach and Underwater Cleanup

Asikin : Meriahkan HUT RI & Provinsi, DKP Maluku Gelar Beach and Underwater Cleanup

Ambon,MalukuBersatu.Com,-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Propinsi Maluku yang dikomandai Ir Irawan Asikin, sangat peduli terhadap perjuangan  para pendahulu hingga hadirnya NKRI. Hingga menyongsong hari kemerdekaan yang ke-78, Dinas yang dipimpinnya akan menggelar "Beach and Underwater Cleanup". Kegiatan tersebut  merupakan rangkaian dari program Aksi Bulan Cinta Laut (BCL) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang berlangsung pada tahun 2023.

img-1691585664.jpg

Pada saat jumpa pers,  Kadis sebutkan kegiatan ini akan dilaksanakan pada (12/08/23) dengan lokasi yang mengambil perairan di pesisir Desa Poka dan Desa Rumah Tiga Kota Ambon. Hingga nantinya akan dipusatkan di Bawah Jembatan Merah Putih (JMP). Lebih lanjut,   Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Iwan Asikin dalam keterangan persnya menyampaikan. Bahwa Aksi besar itu merupakan langkah inisiatif Pemerintah Daerah Provonsi Maluku melalui Dinas Kelautan dan Perikanan.

img-1691585847.jpg

Dengan  bekerja sama Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kadis menyatakan, acara  ini akan  melibatkan 78 peserta penyelamatan untuk membersihkan sampah di dalam laut. Selain itu turut melibatkan 27 pemangku kepentingan  dan komunitas selam antara lain Bakamla, Bank Indonesia, Basarnas, DKP Maluku. BPPP Ambon, BRIN Ambon, Kodam XVI Pattimura, KSOP Ambon, Lanud Pattimura, Lantamal IX Ambon.

img-1691586087.jpg

Mqsih ada lagi yang bergabung untuk ciptakan laut yang bersih antara lain, LPSPL Sorong, Polairud, PSDKP Ambon, Pusat Kemaritiman Unpatti, Yayasan CTC. HAI, Econusa, WWF, MCC, Pele Pesisir, Club selam Indev, Medic, Padis, Pari Dive, POSSI, PPSM dan Trigger DC. "Selain penyelamatan, dilakukan juga aksi bersih pantai oleh 250 orang peserta yang berasal dari masyarakat Desa Poka, Desa Rumah Tiga. Pegawai DKP Maluku, BPPP Ambon, serta pelajar dan Mahasiswa.  Pelaksanaan Aksi Bulan Cinta Laut (BCL)," ujarnya.

img-1691586268.jpg

"Apa yang dilaksanakan itu, sebagai upaya untuk mengedukasi kesadaran para nelayan dan masyarakat serta mengkampayekan pentingnya menjaga laut. Agar laut tetap bersih dan lestari sehingga ekosistem laut menjadi sehat,” terangnya.  “Tujuan penerapan Aksi BCL yakni untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian sampah di pesisir dan laut. Serta mengedukasi masyarakat dalam upaya pengelolaan sampah melalui penerapan ekonomi sirkular menuju penerapan ekonomi biru,” jelas Asikin.

img-1691586363.jpg
Sembari menyatakan, kegiatan bersih laut yang akan digelar, sangat mendapat dukungan  penuh dari Gubernur Maluku Murad Usmail. "Untuk itu kami sangat berterima kasih dan berikan apresiasi  bagi pimpinan nomor satu di Maluku ini. Sebab beliau tidak pernah henti-hentinya memperhatikan Maluku terutama laut yang merupakan salah satu kekayaan Maluku", terangnya menutup keterangan pers yang disampaikan kepada awak media.(MB-01)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

ARTIKEL SERBA --SERBI

Lorem Ipsum is simply dummy text of ...

Nisa Rahmawati

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Steven

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Micky Zack

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Clara Pedirica
Kategori