ARTIKEL POPULER

BI GELAR SERAMBI RAMADHAN 2023, LEBIH ANJURKAN GUNAKAN NON TUNAI

BI GELAR SERAMBI RAMADHAN 2023, LEBIH ANJURKAN GUNAKAN NON TUNAI

Ambon,MalukuBersatu.Com,-Hari ini Senin (27/03/23) perwakilan Bank Indonesia diseluruh Indonesia termasuk Maluku mengelar program serambi Ramqdhan 2023. Untuk Perwakilan Bank Indonesia provinsi Maluku dibuka oleh kepala Bank Indonesia perwakilan Maluku, Rawindra Ardiyansa didampingi One Yusril Fikar (Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku). Berlangsung dihalaman Bank Indonesia jalan Pattimura, kepada pers disebutkan Serambi Ramadhan 2023 kepanjangannya "Semarak rupiah Ramadhan dan berkah idul Fitri".

img-1679895476.jpg
Ini merupakan program nasional Bank Indonesia yang berlangsung di bulan suci Ramadhan. Untuk serambi ada 3 pilar, pertama melakukan fungsi pelayanan pengedaran uang rupiah. Kedua untuk pelayanan kas dan yang ketiga edukasi CPP. Untu yang pertama, telah beredar dipemberitaan pengedaran uang rupiah sebesar 195 triliun. Ada peningkatan dari tahun kemarin triliun atau  8,2%. secara nasional Bank Indonesia Provinsi Maluku menyediakan uang rupiah itu 1,7 triliun atau meningkat sebesar 6,25% dari tahun kemarin 1,6 T. terkait hal itu yang menyediakan uang baru untuk pecahan besar dan kecil.

img-1679895669.jpg
Untuk digunakan pada bulan suci Ramadan dan juga idul Fitri, kemudian Bank Indonesia menyediakan 10 titik layanan kas keliling dengan menggunakan mobil salah satunya di depan Bank Indonesia. 
Namun untuk keseluruhan kerjasama dengan perbankan di provinsi Maluku ada layanan kas, 21 perbankan tersebar di 52 titik penukaran uang rupiah. Sedangkan untuk Bank Indonesia sendiri yang ada 10 titik,  uang yang ditukar  sebesar 20 ribu rupiah xampai 1000 rupiah.

img-1679895807.jpg

Menyangkut proses penukarannya, masyarakat bisa melihat sesuai dengan jadwal yang telah diatur.Selain itu Bank Indonesia mendorong penggunaan gitalisasi. Kita himbau masyarakat sebelum melakukan penukaran terlebih dahulu mendaftar agar tidak antri terlalu lama dan setelah mendapatkan nomor antri sudah tahu persis kapan dan dimana lakukan penukaran dengan menggunakan aplikasi pintar.

img-1679895951.jpg

Masyarakat diatur untuk penukaran, sesuai kebijakan satu hari itu bisa menukar 3 juta atau satu pak yang dominal 100 lembar. Selain itu Bank Indonesia menghimbau disaat lebaran banyak yang menerima THR cobalah optimalkan non tunai melalui aplikasi Qris transfer cara-cara seperti ini untuk menghindari uang palsu. Untuk semuanya itu kepala perwakilan BI anjurlan berbelanjalah dengan bijak dan sesuai.

img-1679896054.jpg

Contoh seandainya setiap haru belli beras 10 liter  sampai 15 liter ya beli lah seperti itu saja. Karena kalau lebih berarti kita  mengambil hak orang lain yang mungkin nanti kehabisan beras. Lanjutannya BI Perwakilan Maluku siapkan 195 triliun untuk memenuhi kebutuhan kas atau rupiah fisik di seluruh Indonesia ini mengalami peningkatan sekitar 8,2% dibanding tahun sebelumnya. Disebutkan berdasarkan perhitungan ekonomi dibilang tahun ini akan terjadi peningkatan rupiah dikarenakan beberapa alasan salah satunya PPKM.

img-1679896155.jpg
Sejak akhir tahun kemarin sudah ditiadakan kemudian ekonomi juga sudah mulai berjalan  kembali normal, sebelum pandemi kita melihat dan merasakan kemelut terutama mobilitas masyarakat di Maluku sangat terasa. 
Kini keadaan mulai membaik membuat uang pecahan besar dan juga uang pecahan kecil jadi perhatian dan di momen seperti hari vesar keagamaan uang baru sangat jadi perhatian.Untuk itu atas nama Bank Indonesia saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh perbankan dimana ada 21 perbankan di Maluku yang membantu Bank Indonesia untuk peredaran dan pelayanan kas di 52 titik di Maluku karena menuju Idul Fitri uang baru jadi perhatian penukaran.(MB-01)



Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

ARTIKEL SERBA --SERBI

Lorem Ipsum is simply dummy text of ...

Nisa Rahmawati

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Steven

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Micky Zack

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Clara Pedirica
Kategori