ARTIKEL POPULER

KABID SMK : GEBYAR DIGELAR UNTUK GELORAKAN SEMANGAT SISWA TAMPILKAN BERBAGAI KOMPETENSI KEAHLIAN

KABID SMK : GEBYAR DIGELAR UNTUK GELORAKAN SEMANGAT SISWA TAMPILKAN BERBAGAI KOMPETENSI KEAHLIAN

Ambon,MalukuBersatu.Com,-Para kepala sekolah, Guru dan siswa SMK, saat disapa terkait Gebyar SMK yang diselenggarakan pada Kamis (23/11/23) menuturkan. Sangat bersyukur dengan adanya gebyar memberikan nilai plus bagi ekolah kejuruan semakin baik kedepan. Kami amat  senang acara dapat berlangsung penuh kemeriahakan, ini semua berkat kerjasama dan kolaborasi antara SMK dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dibawah pimpinan DR IrvInsun Sangdji MS.i. Selain itu koordinasi yang terbangun sangat mantap dengsn kepala bidang SMK, Anissa SE.SPd.

img-1700752041.jpg
Wartawan dimintakan untuk jadi perpanjangan untuk menyuarakan lewat berita, hingga kedepan banyak lulusan SMP yang lulus siap masuk SMK. Kami siap tunjukan ke dunia kalau SMK memiliki berbagai potensi keahlian yang sangat menarik. Terkait hal itu saat media ini memintakan komentar ibu kepala bidang SMK Anissa SE.SPd, dengan penuh kehadirannya menyatakan. Gebyar sudah sempat dibuat bidang SMK   pada saat ulang tahun provinsi Maluku, tapi itu hanya libatkan SMK di kota Ambon karena waktunya mepet sekali.img-1700752265.jpg

Untuk Gebyar SMK yang dibuka ibu Kadis, sudah ada dikepala saya Gebyar dibuat menyongsong GHN dan HUT PGRI. Ke-78. Bersamaan dengan itu hadirnya kepsek dan guru SMK dari 11 Kabupayen/kota Se-Maluku. Dan kebetulan  ada kegiatan sosialisasi SMK pusat keunggulan. Jadi langsung dirangkaikan dengan Gebyar menyambut hari ulang tahun guru, sebutnya dari semenjak kegiatan sosialisasi SMK pusat unggulan sudah menanyakan kesiapan seluruh SMK.

img-1700752583.jpg

Sebab jauh-jauh hari sudah terbangun koordinasi akan dilaksanakan kegiatan gebyar SMK ditahun 2023. Dan sangat mendapat respon positif dari para kepsek dan gurubahkan peserta didik. "Saya minta, acaranya lebih punya greget/ gawe mesti lain dari padayang lain, karena setiap sekolah SMK memiliki kompetensi-kompetensi keahlian yang beragam dan luar biasa. Harap yang keluar bukan hanya kompetensi masak-memasak a taupun kompetensi produk makanan dalam bentuk snak atau cimilan.

img-1700752935.jpg
Mesti ada yang lebih meningkat seperti kompetensi keahlian kelistrikan,  bangunan  teknik otomotif dan lainnya.  Dengan keahlian siswa bisa menggambar bangunan, itulah yang mesti dikedepankan agar kita dapat mengukur bahwa kompetensi yang ada di sekolah itu banyak sebenarnya. Dan kompetensi itu perlu dikembangkan bahwa ini loh hasil karya anak-anak SMK dengan berbagai macam kompetensi yang mereka  tampilkan. 
Hingga mohon maaf tidak hanya terkesan masak- memasa ataupun kompetensi perikanan kapal penangkap ikan, boga dan lainnya. 

img-1700753720.jpg

Namun ada juga dari teknik, elektronik, kelistrikan otomotif dimana peserta didik  sudah mulai tampilkan  keahlian dengan berbagai macam karya. Mungkin ke depannya ada lagi tampil dengan yang lain  berkaitan dengan sesuatu yang baru ditemukan. Jadi ke depan beta berharap masih banyak lagi kompetensi yang bisa ditampilkan anak-anak buat Maluku tetcinta. "Harus ditunjukkan kepada masyarakat Maluku bahwa  SMK di Provinsi Maluku  memiliki berbagai macam kompetensi yang siap dipamerkan kepada masyarakat", tuturnya.

img-1700754169.jpg

SMK punya puluhan Kompetensi keahlian  yang bisa dikembangkan dan siap dijual ke masyarakat, hingga harus dikatakan ini  loh kami SMK.  Seandainya lulus, kami siap jadi direktur seperti yang diinginkan oleh ibu Kadus DR Ir Insun Da gaji M.Si,  harus jadi direktur bukan hanya jadi pekerja. Jadi itu yang kami harapkan dengan tampilan SMK yang terus menerus berkreatif dan berinovasi maka masyarakat bisa mengenal SMK sangat luar biasa. Sebab sampai dengan sekarang banyak orang masih  menjadikan SMK alternatif kedua.

img-1700754497.jpg

Dalam artian tempat buangan, seandainya tidak lolos di SMA maka terakhir masuk SMK. S eakan-akan SMK itu tempat buangan padahal SMK tidak seperti itu, maka kita sekarang ini berkomitmen SMK   harus jadi pilihan utama dari anak-anak Maluku yang dari SMP masuk SMK karena sangat memiliki potensi besar pada bidang keahlian. Jika siapa pun yang memiliki keahlian masuk SMK dapat mengembangkan kompetensi keahlian meteka. Bagi yang lulus juga tidak dilarang melanjutkan ke perguruan tinggi, diarahkan berwirausaha bisa mengembangkan potensi yang dimiliki di sekolah dan lingkungannya. Saat ditanya meliputi berbagai hasil karya apakah sudah ada tempat yang para siswa siap pasaran, untuk itu sudah seperti SMKN 2 hasil karyanya dimasukan ke miniarket dan Alfa Midi. Sedangkan SMK N 6 sudah bekerja sama dengan syalawan besar seperti Carrefour. img-1700754981.jpgDikbud berharap kedepannya lebih banyak lagi yang memasarkan hasil karya ke toko-toko besar. Harapan dari ibu Kabid kepada kepala sekolah tidak boleh berdiam diri harus memiliki kreatifitas dan inovasi. Alasannya menjadi kepsek di SMK butuh ketrampilan, menciptakan sesuatu yang baru dari yang lain, berbagai kreatifitas yang tinggi harus dimunculkan serta harus berinovasi. Supaya bisa mengembagkan sesuatu yang berkualitas untuk sekolahnya", tandas Anisa. Harus memotivasi guru dan siswa hingga menampilkan sesuatu yang tidak ada di SMK lainnya.

img-1700755297.jpg
Karena saat ini SMK yang ada di Maluku sudah berjumlah 120 yang masuk dalam dapodik, sehingga harus bersaing tetapi yang sehat. Sebutnya, setiap sekolah memiliki kompetensi keahlian dimana untuk Maluku lebih banyak perikanan seperti noutika, kapal penangksp ikan. Namun demikian , sekarang ini sudah ada SMK dengan kompetensi keahlian Migas, di SMK Muhamadia Wael. P eserta didiknya Alhamdulilah karena kerjasama dengan Cepu (Pertamina) maka mereka diakomodir menjadi karyawan pertamian. Kami bersyukur bisa demikian, itu berarti saat berdoa dengan sangat baik.

img-1700755880.jpg

Harapan saya, kedepannya para siswa SMK dapat berjuang dengan baik agar sesuai keahlian yang dimiliki dapat diterima bekerja di BUMN, BUMD. Sebelum mengakhiri bincangnya dengan media kabid SMK sampaikan terima kasih kepada ibu Kadis, seluruh kepala bidang bersama staf. Terlebih lagi para Kepsek guru dan siswa yang telah berkolaborasi dengan baik hibgga Gebyar SMK tahun 2023 berlangsung sukses.(MB-01)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

ARTIKEL SERBA --SERBI

Lorem Ipsum is simply dummy text of ...

Nisa Rahmawati

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Steven

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Micky Zack

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Clara Pedirica
Kategori