ARTIKEL POPULER

Mandati : Dikbud Kecam  Tindakan Oknum Guru Tidak Bermoral, Akan Proses  Sesuai Kode Etik

Mandati : Dikbud Kecam Tindakan Oknum Guru Tidak Bermoral, Akan Proses Sesuai Kode Etik

Ambon,MalukuBersatu.Com,-Kasus yang kini lagi marak diberitakan,  yang  telah mencemarkan dunia pendidikan. Akibat ulah oknum guru  pada salah satu SMA favorit di kota Ambon yang menghamili siswanya. Saat wartawan hari Jumat (15/03/25) datangi Dinas Pendidikan Kebudayaannya Propinsi Maluku.  Melalui Sekretaris Dikbud Husen Mandati, dirinya angkat bicara. Diakui ada terjadi kasus yang kini sementara tersohor guru hamili siswa dan  kini sementara ditangani Polresta Ambon.

img-1710561333.jpg

Hingga menurut corongnya Dikbud secara kedinasan pihaknya belum dapat berikan komentar kepada siapapun terutama media. Dalam artian kita belum dapat menyatakan guru tersebut salah dan benar, sebab sekali lagi  sementara ditangani pihak kepolisian. Kita sementara menunggu dan soal proses kedinasan, oleh  ibu kadis telah memintakan saya untuk tangani. Sehingga kami telah memanggil kepala sekolah untuk memintakan laporan terhadap kasus tersebut. Sebab kasus tersebut juga baru baru kami ketahui melalui media cetak dan elektronik.

Sekali lagi Dikbud telah panggil kepala sekolah untuk memberikan keterangan. Agar supaya kita bisa mendalaminya hingga bisa sampaikan statman yang tetap sesuai dengan kasusnya. Sebutnya dengan terjadinya kasus seperti ini, maka mesti jadi perhatian yang serius bagi teman teman guru terutama yang ada  pada jenjang SMA dan SMK. Sebutnya kedepan setelah hasilnya keluar  dari Polisi  yang bersangkutan terbukti bersalah  itu hal yang sangat disayangkan. Sebab diketahui saat seseorang dinyatakan sebagai guru maka  ada dua hal  penting yang terikat pada seorang  guru.

img-1710561346.jpg

Yaitu  pegawai biasa diikat oleh etika ASN dan ada etika guru sendiri yang mesti dijunjung tinggi. "Dikatakan sejak usia 26  tahun dirinya juga berprofesi sebagai seorang guru,   sampai saat ini sangat patuh. Saya sangat menyesal dengan kejadian yang dilakukan oknum guru  tersebut. Berharap kejadian ini tidak boleh terulang dan terjadi lagi dilingkup pendidikan yang ada di propinsi Maluku", ungkapnya.

Sembari katakan pihaknya akan mencoba berkomunikasi dengan Polresta, menyangkut penanganan pegawai yang bermasalah agar prosesnya dapat berjalan. Dikarena kita juga miliki sidang kode etik selain itu juga ada sidang komisi  disiplin. Yang mana kewenangan itu ada pada  pemerintah propinsi. Dimana sebagai ASN  langsung mendapat putusan adminitrasi, kena sangsi. Dan mengenai masalah-masalah  seperti itu bukan baru pertama kali sudah banyak yang kena hukuman.

img-1710561560.jpg

Dengan demikian dimintakan untuk rekan-rekan media bersabar, karena Dikbud mesti menghormati hukum yang kini sementara berproses dipihak kepolisian. Sekali lagi, sekarang yang dilakukan Dikbud yaitu memanggil kepala sekolah untuk dapatkan dua hal yaitu,  informasi dan prediksi yang nanti kita jalankan. Saat disinggung sosialisasi dari Dikbud untuk kasus-kasus seperti yang dibuat guru tersebut. Corongnys Dikbud itu pertegas soal sosialisasi sudah dijalankan sejak dulu.

Katanya, sejak seseorang  mengambil langkah untuk jadi guru, pada  tahapan perkuliahan sudah dapatkan  ilmu mendidik. Dimana mesti jadikan  semua peserta didik itu adalah anak kandung. Selain itu mesti memacu  potensi anak untuk berkembang berdasarkan yang dimiliki sang anak. Namun yang terjadi inikan sudah membunuh karakter anak,  Dikbud melihat posisi peserta didik ini kedepan sangat penuh tantangan.

img-1710562090.jpgu

Dengan demikian ada dinas  yang berkompeten untuk melihat keadaan anak tersebut kedepan sehingga masa depannya tetap ada. Mengakhiri komentarnya kepada pers disebutkan, kepala dinas sangat kecam  tindakan tidak  benar yang dilakukan oknum guru. Dan memintakan kepada semua kepsek dan guru jalankan tugas secara profesional dan mesti .(MB-01)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

ARTIKEL SERBA --SERBI

Lorem Ipsum is simply dummy text of ...

Nisa Rahmawati

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Steven

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Micky Zack

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Clara Pedirica
Kategori