ARTIKEL POPULER

MANDATI : SENIN SELURUH PESERTA DIDIK  SMA/SMK JALANI UJIAN SEKOLAH

MANDATI : SENIN SELURUH PESERTA DIDIK SMA/SMK JALANI UJIAN SEKOLAH

Ambon,MalukuBersatu.Com,-S esuai ketentuan Kemendikbud, Senin (13/03/23) seluruh peserta didik diseluruh Indonesia termasuk Maluku mengelar ujian sekolah pada tingkat SMA/SMK yaitu pada siswa kelas XII. Terkait hal itu setelah dikonfirmasikan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Maluku, melalui corongnya Dikbud yang juga Sekretaris Husen Mandati diruangnya pada Kamis (08)9/03/23) menuturkan. Benar ujian sekolah bagi  siswa kelas XII siap melaksanakan ujian sekolah, sebagaimana diketahui Kemendikbud telah alihkan proses ujian ke masing-masing satuan pendidikan.

img-1678373204.jpg

Sehingga sangat diharapkan ujian dapat  berlangsung dengan baik, dimana menyangkut soal ujian  disusun oleh  MKKS atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (PMGP). Menyangkut penyusunan soal itu digabungkan beberapa sekolah dalam rangka menuju standar penulisan soal yang betul-betul baik dan objektif. Karena kalau satu sekolah gurunya kurang apalagi gurunya tidak ada tidak mungkin bisa menyusun soal. Namun  memang ada juga sekolah-sekolah tertentu yang memiliki guru yang lengkap dengan kualitas yang bagus mereka susun sendiri.

img-1678373420.jpg

Tapi kebanyakan penyelesaian soal itu  berdasarkan mata pelajaran, ya jadi katakan ada mata pelajaran tertentu disusun oleh guru dari berbagai sekolah dan sebaliknya. Selain itu disinggung soal persiapan-persiapa sekolah  menghadapi ujian, dikatakan kepala kelahiran serta dengan guru pasti g sudah memahaminya. Hingga kita berharap ujian sekolah ini betul-betul dapat berlangsung dengan baik, karena ini adalah ujian akhir peserta didik untuk lulus dan siap menuju petguruan tinggi dan lainnya. Lebih lanjut dikatakan, dalam proses ujian ada yang menggunakan komputer,  HP Android dan kertas tulis. Terkait gunakan komputer dan HP Android perlu persiapan yang sangat mantap dari sekolah.

img-1678373944.jpg

Maka kami telah menyampaikan kepada seluruh kepala cabang Dikbud untuk mohon menyurati pihak PLN setempat agar pada saat ujian berlangsjng betul-betul terjaga tidak ada gangguan. Jangan sampai tiba-tiba saat ujian terganggu karena masalah PLN sedangkan untuk HP Android harus dipastikan datanya siap sehingga siswa tidak kecewa menyebabkan proses ujian terlambat. "Sekolah benar-benar menjamin bahwa data-data untuk WiFi yang digunakan memenuhi kebutuhan selain itu harapan kami semua para peserta didik dapat belajar dengan baik. Agar nilai yang diberikan itu bagus dan berkwalutas untuk membawa mereka dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. 

img-1678374146.jpg

Disinggung soal nilai rata-rata yang harus didapatkan siswa sebagai hasil kelulusan, menyangkut hal itu semuanya  ujian ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan. Soal nilai soal perilaku, kehadiran ditentukan satuan pendidikan dimana ada tiga aspek yang ditentukan yaitu aspek menyangkut kemampuan menguasai pembelajaran. Ada aspek keterampilan yang dinilai seperti pendidikan agama, penjas, fisika, biologi dan lainnya. Ada lagi  sikap lainnya,  ikut  kegiatan pelajaran,  mengikuti praktek tapi itu adalah kewenangan sekolah.

img-1678374578.jpg

Lanjutnya satu hal yang kami apresiasi dari keputusan pemerintah pusat terkait kelulusan bahwa masing-masing sekolah sudah menentukan hasilnya sendiri. Kalau dulu terkesan dipaksakan, dari semuanya  harapann Dikbud peserta didik dapat belajar dengan baik  agar dapat lulus dengan hasil yang memuaskan. Kemudian ada sisipan terkait dengan  mengakhiri masa pembelajaran dibangku SMA ada tiket yaitu soal mereka harus mendaftar di pangkalan data. yang mempunyai akun data yang berhubungan dengan paspor perguruan tinggi.

img-1678374826.jpg
Itu harus segera dilskukan karena kami telah menyampaikan dimana  kalau dulu antara seleksi di nasional berdasarkan prestasi itu dibedakan dengan seleksi bersama. Sekarang tidak lagi seleksi bersama harus diikuti oleh seluruh siswa supaya akun itu dipakai pada saat dia mendaftar ketika seleksi bersama. 
Karena kalau berdasarkan prestasi itu kan seperti fotokopi laporan Pendidikan dan lainnya  kebanyakan  peluangn sebenarnya  untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang bagus. Karena itu diusulkan dari sekolah kepengurusan tinggi yang bersangkutan bagi  siswa yang lulus. 

img-1678375028.jpg
 Tetapi seleksi bersama itu untuk seluruh Indonesia dilaksanakan secara serentak dengan penilaian yang sama mungkin hanya berbeda di beberapa unsur dari perguruan tinggi. Lanjutnya ada  acaranya  juga siswa siswa kita dari Maluku yang menembus perguruan tinggi kategori  bagus-bagus. "Saat ditanya untuk ujian hari senin nanti apakah Gubetnur, Kadis maupun Sekretaris ada yang hadir di sekolah tanda dibukanya ujian. Untuk kegiatan tersebut belum ada informasi, sehingga saya belum dapat sampaikan yang pasti semua proses ujian dikembalikan  ke sekolah", terangnya.


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

ARTIKEL SERBA --SERBI

Lorem Ipsum is simply dummy text of ...

Nisa Rahmawati

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Steven

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Micky Zack

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Clara Pedirica
Kategori