ARTIKEL POPULER

BI :INFLASI GABUNGAN DIKOTA AMBON BULAN NOVEMBER TETAP TERKENDALI

BI :INFLASI GABUNGAN DIKOTA AMBON BULAN NOVEMBER TETAP TERKENDALI

AMBON,MALUKUBERSATU.COM,-Hari ini Selasa (05/12/23) siaran pers dari Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Maluku sebutkan.  Merujuk pada rilis BPS, inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) gabungan kota di Provinsi Maluku. Pada November 2023 tetap terkendali, meskipun mengalami peningkatan pada level yang relatif  terbatas. Pada bulan November 2023, inflasi gabungan kota IHK di Provinsi Maluku secara bulanan  sebesar 0,50% (mtm). Capaian tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan realisasi bulan Oktober  2023 yang juga mengalami inflasi sebesar 0,30% (mtm).

img-1701773056.jpg
Realisasi inflasi gabungan kota di Provinsi   tersebut sejalan dengan inflasi nasional yang mengalami inflasi sebesar 0,38% (mtm). Secara  spasial, tekanan inflasi berasal dari Kota Ambon dengan inflasi sebesar 0,57% (mtm), meningkat dari  bulan sebelumnya sebesar 0,39% (mtm). Di sisi lain, Kota Tual pada bulan November 2023 terjadi  deflasi sebesar -0,51% (mtm), tidak sedalam deflasi bulan sebelumnya sebesar -1,08% (mtm). Secara kelompok, tekanan harga yang meningkat terutama bersumber dari beberapa kelompok. 

Diantaranya Makanan,  Minuman, dan Tembakau yang mengalami inflasi pada bulan November 2023. Kelompok  Makanan, Minuman, dan Tembakau tercatat mengalami inflasi sebesar 0,49% (mtm). Tekanan inflasi  bersumber dari komoditas hortikultura, antara lain Cabai Rawit, Beras, dan Buncis yang mengalami  inflasi 55,33% (mtm); 0,50% (mtm); dan 18,21% (mtm). Peningkatan inflasi komoditas hortikultura  khususnya Cabai Rawit utamanya masih merupakan dampak dari El Nino.

img-1701773080.jpg

Masih ada  wilayah sentra produksi pemasok di Maluku mengakibatkan berkurangnya volume pasokan yang masuk ke Maluku. Tekanan inflasi di Maluku juga bersumber dari tekanan inflasi kelompok Transportasi. Pada bulan  November 2023, komoditas Tarif Angkutan Udara mengalami peningkatan dengan angka inflasi sebesar 7,13% (mtm), dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 6,83% (mtm).

Peningkatan  dari sisi angkutan udara sejalan dengan periode puncak wisata dan mulai memasuki musim  liburan HBKN Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Yang mendorong peningkatan permintaan barang  dan jasa khususnya dari sisi angkutan udara. Selain itu tetap tingginya harga avtur secara bulanan. P ada bulan November 2023 juga turut mendorong harga angkutan udara pada tingkat yang lebih tinggi. Namun demikian, inflasi kelompok transportasi mengalami penurunan sebesar 1,96% (mtm)  pada bulan Oktober 2023 menjadi sebesar 1,83 % (mtm) pada bulan November 2023.

img-1701773100.jpg

Penurunan tekanan inflasi pada kelompok Transportasi berasal dari komoditas bensin yang  mengalami deflasi sebesar -0,21% (mtm). Terjadinya deflasi pada komoditas bensin disebabkan oleh  penyesuaian harga BBM yang dilakukan Pemerintah Pusat per 1 November 2023.  Secara tahunan, pada bulan November 2023, tekanan inflasi gabungan kota IHK di Provinsi Maluku mengalami penurunan. Inflasi tahunan tercatat sebesar 2,96% (yoy), menurun dibandingkan  realisasi bulan sebelumnya sebesar 3,62% (yoy).

Inflasi tersebut lebih tinggi dibandingkan tingkat  inflasi Nasional sebesar 2,86% (yoy). Namun demikian, tingkat inflasi gabungan kota-kota di Provinsi Maluku tersebut masih berada pada target inflasi Nasional tahun 2023 yang ditetapkan pada rentang 3,0+1% (yoy). Meskipun mengalami inflasi, pada bulan November 2023 tingkat inflasi di Provinsi Maluku tetap  terkendali. Hal ini merupakan hasil peran sinergi dan koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah  (TPID) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Dimana terus memperkuat berbagai upaya  sinergis dan mengintensifkan untuk mengendalikan tingkat inflasi.

img-1701773144.jpg

Khususnya yang berasal dari Kelompok  Makanan, Minuman dan Tembakau. Untuk menghadapi risiko kedepan khususnya dari El Nino. Dan  meningkatnya permintaan pada HBKN Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, TPID Provinsi maupun Kabupaten/Kota terus menyusun berbagai strategi untuk mengurangi risiko tekanan inflasi ke depan. Salah satu kegiatan yang dilakukan pada bulan November 2023 adalah kegiatan operasi pasar. Realisasi impor beras, rapat penguatan TPIP/TPID dan GNPIP, serta realisasi subsidi angkutan angkutan untuk distributor komoditas pangan strategis.(MB-01)




Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

ARTIKEL SERBA --SERBI

Lorem Ipsum is simply dummy text of ...

Nisa Rahmawati

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Steven

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Micky Zack

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Clara Pedirica
Kategori