ARTIKEL POPULER

MANDATI : MS JADI PERHATIAN UNTUK SIAP DIKUNJUNGI PESERTA DIDIK,   HARAP MANAGEMEND  DIPERHATIKAN

MANDATI : MS JADI PERHATIAN UNTUK SIAP DIKUNJUNGI PESERTA DIDIK, HARAP MANAGEMEND DIPERHATIKAN

Ambon,MalukuBersatu.Com,-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Dan Kebudayaan PropinsiMaluku yaitu Museum Siwalima (MS) kedepan akan mendapat perhatian Pemerintah daerah melalui Dikbud.  Dibawah kepemimpinan Kadis DR Ir Insun Sangadji M.Si, kedepan akan dibuat regulasi/aturan untuk diku juni peserta didik SMA, SMK dan SLB. Hal itu disampaikan Husen Mandati yang merupakan corong dan juga Sekretaris Dikbud Maluku, kepada media Senin (13/11/23) kemarin diruang kerjanya. Lanjutnya, kenapa langkah itu kami lakukan dikarenakan Museum Siwalima merupakan tempat penyimpanan benda-benda purbakala.

img-1699926022.jpg

Selain itu di MS juga terdapat berbagai sejarah nenek moyang yang berhubungan  dengan Maluku. Dimana sangat bernilai  tinggi dan berarti menyangkut berbagai jejak peradaban kita dimasa lampau. MS juga berfungsi sebagai tempat penelitian tempat mengadakan riset untuk Satuan-Satuan pendidikan atau perguruan tinggi.  Oleh karena itu  perlu disosialisasikan ke berbagai pihak, khususnya sekolah yang berada di bawah pemerintah provinsi Maluku yaitu  SMA SMK dan SLB. Agar para siswa dapat mengetahui sejarah Maluku sejak Purwakarta sampai dengan sekarang di 11 Kabupaten/Kota.

img-1699926037.jpg

Mereka dapat mengetahui khazanah budaya Maluku dimasa lampau hingga merasa bangga memiliki kekayaan budaya yang begitu banyak dan  unik. Sebutnya  sampai kini  yang menjadi persoalan kita di Museum itu,  yang disampaikan staf melalui kepala Museum Darwin Lawalatta salah satunya yaitu. Mengenai  kunjumgan masyarakat terutama peserta didik  kesana yang  sangat berkurang. Hingga terkait hal itu kedepan kita akan atur bagaimana caranya supaya semua  satuan-satuan pendidikan berkewajiban lakukan kunjungan ke MS.

img-1699926058.jpg

Para siswa berkunjung ke Museum Siwalima yang dikemas dalam bentuk regulasi/aturan, contoh misalnya salah satu sekolah disaat berikan laporan pendidikan pada siswa ditingkat SMA/SMK/SLB  harus menunjukkan kartu kunjungan ke MS minimal dua kali. Sehingga kalau siswa kita ada sekian puluh ribu yang ada di Kota Ambon, maka kalau dua kali kunjungan itu banyak sekali. Dan ini  sebenarnya adalah sesuatu yang sangat baik sekali. Sebab mereka dapat mengetahui tentang kekayaan khazanah  budaya kita. 

img-1699926157.jpg

Juga salah satu diantaranya adalah bagaimana Museum Siwalima  berkembang, karena dikunjungi oleh banyak orang hingga meningkatkan masukan kepada Museum. "Katakan kalau siswa misalnya diwajibkan masuk dengan biaya  2000 atau 5.000 berarti dengan demikian Museum mendapat pemasukan yang cukup  lumayan karena ada dua semester", tutur Mandati. Lanjutnya,  menyangkut Museum ini merupakan hal yang singkat dibutuhkan antara satu denganya. Dari sisi Museum untuk operasional dan  dari siswa mereka peroleh pelajaran yang berarti menyangkut kekayaan sejarah Muluku.

img-1699926362.jpg

Selain itu juga mendapat cerita mengenai  tradisi Maluku dimasa  lampau dengan dilengkapi  berbagai peralatan peninggalan nenek moyang kita. Madati harapkan kalau semuanya sudah disiapkan maka harus dibarengi dengan manajemen yang baik dari pihak Museum Siwalima  itu sendiri. Supaya pada saat MS  dikunjungi, para pengunjung merasa puas dimana apa yang diperlihatkan  MS  itu sesuatu yang luar biasa sehingga pengunjung siap untuk datang berkunjung lagi. MS  mesti menata berbagai koleksi yang ada agar teratur  hingga pengunjung puas.

img-1699929320.jpg

Mesti menjaga kebersihannya, tata kalolanya harus baik, menyangk pengunjung harus diatur dengan sebaik mungkin   dan terarah. Seandainya mereka ingin melihat pakaian adat  jalan menuju kesana tidak bertabrakan dengan pengunjung  lain. Para pemandu harus giat  memperkenalkan berbagai koleksi yang ada baik itu sejarah hadirnya Maluku, betbagai  peninggalan yang terkait dengan  ilmu pengetahuandan lainnya.(MB-01)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

ARTIKEL SERBA --SERBI

Lorem Ipsum is simply dummy text of ...

Nisa Rahmawati

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Steven

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Micky Zack

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Clara Pedirica
Kategori