ARTIKEL POPULER

Sangadji : Pendidikan Sebagai Jembatan Penghubung Tingkatkan Kwalitas Guru & Siswa

Sangadji : Pendidikan Sebagai Jembatan Penghubung Tingkatkan Kwalitas Guru & Siswa

Ambon,MalukuBetsatu.Com,-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Maluku, terus memberikan berbagai edukasi kepada para guru ditingkatan SMA/SMK. Pada Rabu (09/10/24) Dikbud gelar kegiatan "pelatihan kimia komputasi" bagi guru kimia dan biologi se-propinsi Maluku yang berlangsung di hotel Golden Place. Kadis Dr Ir Insun Sangadji M.Si, saat membuka kegiatan menyatakan. Saya mengundang semua guru peserta kegiatan  untuk berkompetisi, demi memajukan pendidikan di bumi Maluku.

img-1728617634.jpg

Mengawali kegiatan ini saya mengajak kita semua untuk bersyukur di hari ini kita bisa menghadiri pembukaan kegiatan "pelatihan kimia komputasi" bagi guru kimia dan biologi tahun 2004 dalam keadaan sehat. Lanjutnya pendidikan mempunyai peranan yang sangat strategis dalam mempersiapkan generasi penerus yang memiliki pengetahuan dan kecerdasan yang tinggi, serta menguasai berbagai keahlian yang kompeten. 

img-1728617742.jpg

Ditegaskan, Pendidikan merupakan jembatan penghubung dalam mengantarkan kita kepada kondisi masyarakat pembelajaran dengan memajukan informasi teknologi. Diharapkan pendidikan akan menjadi lebih baik serta fleksibel baik dalam sistem yang ingin mengembangkan materi yang dapat diakses melalui dan guru, media pembelajaran akan atau media instruksional. Dan proses pembelajaran yang akan diterapkan serta bagaimana mencari alternatif solusi bila ditemukan hambatan.

img-1728617821.jpg

Baik dari siswa dan guru atau penyelenggara pendidikan, sebutnya salah satu penerapan teknologi di dalam proses pembelajaran adalah kimia komputasi. Penggunaan komputer untuk memodelkan, mendokumentasikan dan memecahkan masalah kimia, contoh model penerapannya. Seperti teori mekanika yang kuat dalam menentukan sifat atau sifat atom dan molekul. Hasil perhitungan mekanika dapat divisualisasikan yang digunakan sebagai media pembelajaran.


Selanjutnya divisualisaimg-1728617888.jpg

Divisualisasikan lebih lanjut kimia  dengan komputasi untuk menghasilkan gambar dengan animasi gerak 3D kimia,  Komputasi biasanya untuk memvisualisasikan struktur dan dinamika kimia yang dipelajari atau verifikasi molekul yang menentukan sifat elektronik. Seperti kreativitas kimia, polaritas dan spektroskopi dan juga menentukan sifat dinamis seperti difusi molekul dan isomerisasi. Penerapan teori Struktur isomer untuk menentukan kerangka suatu molekul kimia adalah kimia komputasi kimia komputasi adalah hasil komputasi.

img-1728618041.jpg

Keunggulan kimia komputasi adalah hasil komputasi mekanika yang dapat dideskripsikan sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Hingga sebagai dosen dan orang yang bergelut di laboratorium kimia, saya memahami betapa pentingnya aplikasi seperti ini bagi proses pembelajaran di kelas. Sehingga dalam diskusi dengan Kabid GTK dan pada staf, saya terus mendorong agar kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilaksanakan.

Dan juga bagi pembelajaran ilmu pengetahuan lainnya, selain media Pembelajaran seperti kimia komputasi kita di propinsi Maluku masih milikk kendala adalah. Kurangnya tenaga laboratorium Kurangnya tenaga laboratorium dalam melaksanakan manajemen laboratorium. Di Maluku masih banyak sekolah yang belum memiliki tenaga laboran dan petugas laboratorium. Dan materi praktikum IPA selama ini hanya dilakukan oleh guru mata pelajaran IPA tanpa adanya bantuan tenaga laboratorium.

img-1728618251.jpg

Akibatnya penyiapan alat dan bahan praktikum hanya dilakukan seadanya saja, karena guru mata pelajaran memiliki keterbatasan. Yaitu dalam melakukan administrasi dan pengelolaan laboratorium sistem standar pengelolaan yang baik. Saya nyatakan salah satu solusi Untuk menjawab permasalahan di atas adalah kolaborasi dinas pendidikan dengan lembaga-lembaga akademik seperti universitas dan lembaga-lembaga lain dalam melaksanakan pelatihan-pelatihan bagi para guru dan tenaga tenaga kerja bidang GTK

Ke depan saya berharap untuk membangun program seperti penyelenggaraan pelatihan manajemen laboratorium bagi tenaga administrasi yang  kita alihkan berfungsi sebagai Laboran dan teknisi  laboratorium IPA di tingkat SMA SMK. Sehingga diharapkan para tenaga administrasi tersebut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mampu terkait manajemen laboratorium IPA agar kebutuhan akan tenaga laboratorium dan petugas laboratorium IPA di tingkat provinsi ini perlahan-lahan bisa terpenuhi. 

img-1728618394.jpg

Mengakhiri sambutan ini, saya ingin menegaskan  bahwa muara dari semua ini adalah peningkatan kualitas pendidikan di Maluku. Di setiap forum disekolah-sekolah yang selalu ingatkan, "marilah katong baku gandeng tangan bangun pendidikan di Maluku,  bersama kantong pasti bisa"  kepada Dekan  fakultas MIPA  dan jajarannya baik para dosen maupun para laboran. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan berbagi ilmu dengan para  guru mata pelajaran IPA yang hadir di saat ini semoga kedepannya lebih kita tingkatkan lagi. 

Dan kepada para peserta secara maksimalkanlah kegiatan ini agar apa yang diperoleh dapat diterapkan di daerah masing-masing. saya sampaikan kurang dan lebih mohon dimaafkan dan dengan selalu berharap rahmat dan ridho ala  Allah SWT  saya membuka  kegiatan kimia komputasi bagi guru kimia dan biologi tahun  2024.(MB-01)



Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

ARTIKEL SERBA --SERBI

Lorem Ipsum is simply dummy text of ...

Nisa Rahmawati

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Steven

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Micky Zack

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Clara Pedirica
Kategori