ARTIKEL POPULER

Warga Maluku di Amerika Gelar Hari Pattimura

Warga Maluku di Amerika Gelar Hari Pattimura "Satu Hati Satu Gandong"

Ambon,MalukuBersatu.Com,- Perayaan hari Pattimura yang ke-206 tidak hanya digelar di tanah kelahirannya di Maluku. Tetapi hal itu menjadi perhatian basudara Maluku di  seIndonesia maupun Internasional. Kepada media ini anak Maluku Pendeta H Wattimena yang kini sementara berstudi  di Amerika Serikat, melalui telepon seluler menuturkan. Diaspora Maluku menggelar budaya Maluku untuk peringatan Hari Pattimura ke-206. 

img-1684642542.jpg
Acara tersebut didedikasikan untuk membangun rasa kebersamaan yang kuat di antara semua keturunan Maluku di Wilayah Metro DC. Dimana kegiatannya berlangsung pada (
20 /Mei/ 2023) yang pelaksanaannya tepat pukul: 17:00 waktu setempat.  Berlokasi tepat di Pusat Senior Schweinhaut (1000 Forest Glen Rd, Silver Spring, MD 20901.  Kegiatan berlangsung secara Gratis dimana setiap anak Maluku diwajibkan untukbergabungsecara bersama-sama pada acara bernuansa kemalukuan itu.

img-1684642591.jpg

Setelah semua warga Maluku hadir acara dimulai menuturkan sejarah  hari lahir Kapitan Pattimura yang ke-206. Dengan mengusung  tema  "satu hati satu gandong"  Diaspora Maluku mengawali kegiatan yang penuh persaudaraan dengan melagukan "Hio Hio". Kemudian prosesi  Obor Pattimura oleh warga DMV Kinerja Diaspora Maluku berlangsung dengan sangat penuh hikmah.  Kemudian Doa Pembukaan, selanjutnya Lagu: "Beta Berlayar Jauh"dikumandangkan untuk memeriahkan kegiatan itu mengingat Maluku nan jauh ditimur Indonesia.

img-1684643301.jpg

Setelah itu diikuti sambutan Ketua Panitia Hut  Pattimura ke-206  Dokter Cynthia Sturdevant - Pattianakota. Adalagi Sambutan   Ketua Diaspora Maluku DMV  Wanda Latupeirisa.  dilanjutkan selayang   Pandang Maluku yang melukiskan perjuangan laki-laki kabaresi asal Maluku. Sehingga membuat Maluku bisa terlepas dari penjajahan yang hanya berbekal bambu runcing. Sementara itu ada Lagi sambutan Pj Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena. Yang mengelorakan semangat Pattimura Pattimura muda di seantero jagat raga. Terus berkarya tidak lagi gunakan alat tajam tetapi berbekal ilmu pengetahuan.

img-1684643332.jpg






Selanjutnya warga mengumandakan  lagu "Gunung salahut",  ada lagi sambutan dari Perwakilan Kedutaan RI yang mengikuti   Pertunjukan Diaspora Maluku New York. Yang hadir wakil Duta Besar RI untuk Amerika Bapak Made Bimantara. Tak ketinggalan ada juga demo makanan khas Maluku, setelah itu   ramah tamah dan makan malam dipandu  Lagu: "Borero" menutupi semua kegiatan rangkaian yang benar-benar berciri  khas Muluku dengan   Doa  diakhir lagu Gandone e semua saling baku gandeng menjatuhkan hati hidup orang basudara di tanah warantau.img-1684646708.jpg(MN-01)




Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

ARTIKEL SERBA --SERBI

Lorem Ipsum is simply dummy text of ...

Nisa Rahmawati

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Steven

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Micky Zack

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Clara Pedirica
Kategori