ARTIKEL POPULER

Sangadji : Merasa Terhormat Hadirnya Kemenlu & Sesdilu Ke Dikbud Maluku

Sangadji : Merasa Terhormat Hadirnya Kemenlu & Sesdilu Ke Dikbud Maluku

Sangadji : Rasa Terhormat Hadirnya 

Ambon,MalukuBersatu.Com,-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan propinsi Maluku, berkesempatan peroleh kunjungan dari Kemenlu dan  Sesdilu angkatan 76 dan. Terkait perhatian duta-duta nasional Internasional kepada UPTD Museum Siwalima Ambon.  hari ini Jumaat (14/06/24) ibu Kadis Dr Ir Insun  Sangadji terima para duta-duta tersebut di aula Dikbud Maluku. Dihadapan rombongan Kemenlu dan juga Kemendikbudriset Sangadji dengan penuh semangat  menyatakan.

img-1718416813.jpg

Saya merasa terhormat dan bangga dengan perhatian begitu besar Kemenlu kepada Maluku terhadap Museum Siwalima. Sebelum melanjutkan dirinya berikan hormat yang tak terhingga kepada direktur pusat pendidikan dan pelatihan Kemenlu Tubagus Edwin, direktur museum di Belanda Hendrik Timisela yang ikut secara zoom.  Stenly Ferdinandus dari yayasan Hekaleka,  pa Sekdikbud Ul Joisangadji,  Darwin Lawalata kepala UPTD  Museum Siwalima. 

img-1718416849.jpg

Ada lagi bapa dan ibu dewan pendidikan, panitia Kemenlu serta  para peserta workshop pegawai Dikbud maupun mahasiswa Unpatti. Kita patut bersyukur  kepada  Allah SWT,  hari ini kita dapat berkumpul pada  kegiatan workshop pelatihan teknis untuk peningkatan kapasitas museum Siwalima. Dimana ini merupakan salah satu agenda kunjungan lapangan siswa sekolah staf Kemenlu. Dalam rangka menggali dan mengembangkan potensi sejarah/kebudayaan daerah di kota Ambon pada Museum Siwalima.

img-1718416869.jpg

"Workshop  ini merupakan hasil kerjasama antara Sesdilu, Bappeda dan pihak-pihak terkait lainnya, hingga  tidak hanya menjadi wadah untuk berbagi ilmu  pengetahuan. Tapi juga sebagai langkah konkret dalam pengembangan sektor Pendidikan dan Kebudayaan diwilayah Maluku. Lanjutnya.  pengembangan pendidikan adalah sebuah misi besar yang tidak dapat dicapai sendiri hingga kehadiran Sesdilu benar-benar kami sangat butuhkan", tuturnya.

img-1718416890.jpg

Sangadji katakan, kolaborasi dan sinergi antara berbagai pihak termasuk lembaga pemerintah, swasta, akademisi dan masyarakat sipil diperlukan.  Untuk itu  workshop ini menjadi bukti nyata betapa pentingnya kerjasama lintas sektor dalam memajukan Pendidikan dan Kebudayaan di Maluku. Saya percaya  ini semua akan memberikan kontribusi  signifikan dalam memperkuat peran museum siwalima sebagai pusat cagar  budaya dan pendidikan di wilayah Maluku.

img-1718416986.jpg

Dengan perhatian besar dari Kemenlu yang dipimpin anak Maluku Semy Samson,  kedepan kualitas pengelolaan museum Siwalima dapat lebih efektif. Terutama dalam melestarikan warisan budaya dan sejarah serta menyediakan sarana pendidikan yang berharga bagi generasi mendatang. "Saya menyampaikan apresiasi yang tulus kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyelenggaraan workshop ini demi kemajuan Maluku kedepan", tandasnya.

img-1718417030.jpg

"Semoga  kerja sama dapat terus ditingkatkan dan memberikan manfaat yang berkelanjutan pendidikan dan kebudayaan di provinsi Maluku", ungkap Kadis mengakhiri sambutannya. Sementara itu Direktur Pusat Pendidikan dan pelatihan Kemenlu Tubagus Edwin dimintai berikan sambutan sebutkan,  kami dari Sesdilu sangat teropsesi ingin  berikan yang terbaik untuk museum Siwalima. Tuannya agar museum jadi perhatian  utama wisatawan manca negara dan wisatawan Nusantara. 

img-1718417160.jpg

Seperti  saya sampaikan kepada Ibu kadis, mimpi kita akan berikan yang terbaik untuk museum Siwalima Ambon, hingga  dimulai dengan langkah kecil dulu. Kami coba wujudkan melalui rekan-rekan diklat sesdilu  selenggarakan workshop pagi staf museum Siwalima badan mahasiswa. Sembari sebut selama ada di Kemenlu  sempat diberikan kepercayaan ditiga benua di Asean jepang,  Francisco Amerika dan terakhir di Berlin Jerman. 

img-1718417412.jpgKala itu setiap saat Sabtu dan Minggu diperhatikan  mereka itu Plesiran ke museum,  tidak seperti kami di indonesia  perginya ke mall. Ternyata mereka ke museum sebab ada sisi baiknya untuk ketahui berbagai sejarah  dan kegiatannya pun dibuat memang bervariasi.  Hingga kedepan museum Siwalima memang perlu disentuh lebih baik lagi  agar barang-barang sejarah   dalam Museum  selalu berubah. 

img-1718417841.jpg

Untuk menarik daya pikat  masyarakat sekitar dan juga  wisatawan dari luar dan Nusantara. Kiranya mimpi kami  untuk wujudkan Museum Siwalima Ambon menjadi semakin terkenal di luar negeri jadi. Dan  harapan kami harus berkolaborasi karena  tidak mungkin bisa berjalan sendiri,  hingga pada  workshop dihadirkan  narasumber dari kemendikbudriset  serta rekan-rekan Sesdilu dibawah kepemimpinan pa Semy Samson.

img-1718417975.jpg

Yang telah  berhasil berjejaring dengan bapak Hendrik Timisela  direktur moluc  di Belanda dan lainnya. Jadi saya senang sekali workshop  dibuat tidak hanya dihadiri  staf  museum tapi juga teman-teman  mahasiswa dari Universitas Pattimura. Kenapa demikian karena untuk Menjaga dan melestarikan seni budaya negeri luhur yang ada di Ambon di Maluku dan tentunya di Indonesia adalah kalian semua.

img-1718418102.jpg

Lanjutnya, untuk menjaga nilai budaya yang sangat spesifik di Ambon dan Maluku harus siapkan kader seperti rekan mahasiswa. Selain itu workshop ini dapat bermanfaat  khususnya untuk  museum Siwalima agar siap laksanakan pameran bersama yang nantinya bersama dengan museum museum di Belanda. Mengakhiri sambutan Tubagus Edwin berkesempatan membuka workshop dengan mengatakan.

img-1718418672.jpg

Kegiatan ini tentunya merupakan pengenalan bagi rekan rekan mahasiswa,  dan dengan pertolongan Yang Maha Kuasa saya membuka workshop kerjasama Kemenlu dan Kemendikbudriset yang berlangsung di aula Dikbud. Selanjutnya berterimakasih kepada Kadis Dr Ir Insun Sangadji,  Bapa Darwin Lawalata kepala museum Siwalima, Sekretaris Dikbud Ul Joisangadji. 

img-1718419020.jpg

Selain itu bapa Samrud  Setia Negara ketua tim oritorial pameran  museum cagar budaya dirjen kebudayaan Kemendikbudriset, bapa Gunawan Pamong ahli muda museum dan cagar dirjen  budaya Kemendikbud ristek,  bapa Hendrik Timisela direktur moluc historik  museum di Belanda.  Kemudian bapa John Pattiasina  pengajar  program studi sejarah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas Pattimura bapak Stanly  Ferdinandus pendiri yayasan Hekaleka.

img-1718419106.jpg

Diakhir dari kegiatan yang sangat berarti untuk terus perkenalkan kebudayaan Maluku dimanca negara. Saling berikan Candra mata dimana ibu kadis berikan kain tenun yang merupakan ciri khas Maluku.(MB-01)



Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

ARTIKEL SERBA --SERBI

Lorem Ipsum is simply dummy text of ...

Nisa Rahmawati

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Steven

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Micky Zack

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ...

Clara Pedirica
Kategori